Cara Alami Mengatasi Thrips Pada Cabai Hidroponik

Kali ini kita akan berbagi CARA ALAMI MENGATASI THRIPS Pada tanaman cabai Hidroponik, Cabai termasuk dalam jenis sayur buah Hidroponik. Namun banyak orang yang menanyakan, apakah jika kita menanam cabai dengan hidroponik tidak akan terserang hama ??

Jelasnya jika selama lingkungan kita masih banyak terdapat pepohonan, maka sumber dari hamapun masih ada. Ketika kita bicara tanaman cabai pasti salah satu dari permasalahannya adalah hama atau penyakit. Penyakit yang akan kita bahas kali ini adalah Thrips  ( thips tabaci ) pada fase nimfa hama ini berwarna putih atau putih kekuningan, tidak bersayap, dan kadang berbercak merah. Sedangkan thrips yang dewasa memiliki sayap dan berambut berumbai – rumbai.

Hama thrips berkembang tanpa melalui  perkawinan ( parthenogenesis ) telur yang dihasilkan diletakkan di jaringan mesophyl daun atau batang. Hama ini menyerang dengan cara menghisap cairan daun. Daun akan keriting dan rontok, hama ini bisa menyerang tanaman cabai pada saat persemaian / pembibitan, masa pertumbuhan, maupun pada saat tanaman cabai sudah berbuah.

Daun kena Trips

A. Gejala serangan hama

Hama ini menyerang daun cabai yang masih muda atau pucuk. Daun cabai yang terkena thrips akan keriting mengkerut dan melengkung bahkan menggulung ke atas dan mudah rontok. Serangan hama ini juga mengakibatkan kerontokan bunga cabai otomatis produksi akan menurun.

B. Pengendalian hama Thrips

*Sanitasi lahan dan membersihkan gulma atau rumput liar

*Buatkan mini greenhouse antisipasi terkena hama

*Memasang perangkap kertas kuning insect adhesive trap paper dengan cara digulung & digantung setinggi 15cm dari pucuk  tanaman

*Dilakukan pengendalian dengan pestisida nabati seperti : Tembakau, daun sirsak, brotowali, abu dapur

salah satu cara membuat pestisida nabati pencegah thrips

Bahan :

*Brotowali 1 kg ( bisa mengunakan daun yang pahit seperti pepaya )

*Kapur 10 sdm

*kunyit 1 kg

Langkah

1. Ketiga bahan ditumbuk dan diambil airnya, lalu dicampur air 30 – 50 liter.

Siap digunakan. Semprot pada sore hari

Demikianlah Cara alami mengatasi Thrips, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *