Cara Menanam Kemangi dengan Sistem Hidoponik

Kemangi adalah tanaman yang sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia, selain dibudayakan secara konvensional Tanaman Kemangi merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik. Jenis Kemangi yang banyak ditanam dan dibudidayakan merupakan kemangi lokal yang belum banyak diketahui varietasnya. Tanaman Kemangi ini daat kita lihat dengan penampilan yang relatif rimbun.

Kemangi memiliki ciri daunya yang berwarna hijau muda dan putih di bunganya. Jika berbunga dan dibiarkan perkembangan daun kemangi akan menjadi sedikit dan menjadi lebih cepat tua dan mati. Di dalam masyarakat kita masih jarang yang membudidayakan Tanaman Kemangi ini untuk tujuan komersil, biasanya hanya untuk konsumsi sendiri. Ini dikarenakan Tanaman Kemangi masih rendah dalam nilai komersial. Tapi untuk penanaman Tanaman ini dengan sistem hidroponik sangatlah berbeda.

Tanaman yang memiliki nama latin Ocimum xcitriodorum ini memiliki aroma daun yang khas yang asalnya dari kandungan sitrat yang tinggi dalam daun maupun bunganya. Daun Kemangi sangat banyak dimanfaatkan untuk lalapan segar pada sajian makanan. Berikut adalah tips bagaimana cara menanam Tanaman Kemangi dengan sistem Hidroponik

Tips Cara Menanam Kemangi dengan Hidroponik

Tanaman hasil persilangan antara 2 varietas basil ini (Ocimum basilicum dan Ocimum americanum) adalah tanaman yang tergolong perdu yang ketinggiannya bisa mencapai 1 meter saat tumbuh. Tanaman kemangi ini dapat di budidayakan dengan sistem hidroponik, untuk dapat menanam kemangi ini secara hidroponik ada baiknya kamu mengetahui caranya seperti dibawah ini

Pertama – tama siapkan peralatan dan juga bahan-bahannya seperti baki atau nampan, larutan nutrisi AB Mix, air bersih , media tanam berisi campuran pupuk kompos dan tanah, sumbu, alat potong/cutter, dan juga botol plastik bekas.

Potong botol plastik bekas menjadi dua bagian, di mana bagian bawah botol plastik bekas tersebut memliki ukuran lebih panjang dari bagian atasnya. Kemudian bagian samping botol diberi lubang-lubang kecil. Dan pada bagian tengah tutup botol plastik bekas dilubangi dengan diameter sekitar 1 cm. Kemudian masukan sumbu kedalam botol dan tutup botol dipasang kembali pada botol.

Kedua memulai Persemaian

Untuk menyemai biji kemangi campurkan tanah dengan pupuk kompos yang sudah di siapkan lalu tuang di atas baki. Buat media tanam menjadi lembab dengan menyiram air secukupnya, kemudian biji kemangi ditaburkan di atasnya. Nampan diletakkan di tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari, namun terlindung dari air hujan. Lakukan penyiraman secukupnya setiap hari supaya tanah kompos tidak menjadi kering.

note : agar biji bibit kemangi tidak busuk hindari air siraman tergenang

Ketiga Tahap Penanaman

Biji Benih kemangi ini akan mulai terlihat tumbuh pada 1-2 minggu persemaian. Kita akan memulai penanaman jika batang benih kemangi sudah mencapai sekitar 5-10 cm, lalu benih kemangi di pindahkan ke media hidroponik. Sebelum memindahkan kita persiapkan dulu sistem hidroponiknya ikuti langkah ini : Tuangka larutan nutrisi di bagian bawah botol plastik bekas yang sudah dipotong. kemudian dengan posisi terbalik potongan botol bagian atas di taruh di bagian atas sampai sumbu tempat aliran nutrisi terkena larutan nutrisi. Jika sistem hidroponik sudah siap lanjut dengan mnaruh media tanam dari tanah dan pupuk kompos yang telah dicampurdi bagian atas. Kemudian bibit benih kemangi yang batangnya sudah mencapai 5-10 cm di tanam di media tanam tersebut lalu letakan pada lokasi yang terkena sinar matahari.

Tahap Perawatan

Pada tahan perawatan kita harus selalu memantau larutan nutrisinya jika mulai berkurang segera tambahkan larutan nutrisinya kembali. Apabila benih tanaman kemangi tumbuhnya sudah meninggi ada baiknya di bantu menambahkan ajir/lanjaran untuk membantu menopang batang agar tidak roboh.

Tahap terakhir adalah tahap Pemanenan

Rata – rata daun kemangi dapat mulai di panen hasilnya atau di petik ketika tanaman kemangi berusia 50 hari setelah ditanam. Dengan memetik daun kemangi akan merangsang tumbuhnya tunas – tunas baru sebagai cabang sehingga tunas yang baru pun bisa lebih banyak tumbuh untuk dipanen pada panen selanjutnya. Pada umumnya kemangi dipetik sepanjang kira-kira 15 cm. Apabila Kamu ingin memasarkan kemangi sebaiknya kemangi disatukan di dalam satu ikatan kecil yang isinya 5-10 batang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *