Manfaat Tanaman Kemangi Bagi Kesehatan

Kemangi siapa yang tidak tau, daun tanaman ini sering kita jumpai disajikan sebagai lalapan bersama makanan seperti ikan ataupun ayam. Kemangi yang memiliki nama latin Ocimum sanctum ini sangat mudah kita temukan di pekarangan rumah, dan kadang kita juga dapat menemukanya di pinggiran jalan. Selain menjadi lalapan disaat makan kemangi juga dapat di pakai sebagai obat tradisional. Daun kemangi memiliki manfaat yang cukup banyak.

Sedikit bercerita tentang daun Kemangi yang pernah menjadi tanaman dari kerajaan di Prancis maupun Italia bersama dengan tanaman sejenisnya yaitu selasih ataupun basil. Bunga dari kemangi ini biasa menjadi pilihan untuk menyatakan cinta seseorang kepada pasanganya, lain lagi di India tanaman kemangi ini adalah salah satu tanaman yang disucikan dan dipakai dalam upacara-upacara keagamaan.

Selain dibudidayakan dengan cara konvensional menggunakan tanah, Tanaman kemangi juga dapat di tanam dengan sistem hidroponik. untuk belajar menanam Tanaman Kemangi secara hidroponik bisa dipelajari di artikel ini : Belajar menanam kemangi secara Hidroponik.

Nah, bagaimanakah manfaat Daun kemangi bagi kesehatan? Kita akan membahasnya di bawah ini :

Kemangi Untuk Obat Tradisional
Tanaman Kemangi biasa dipakai untuk obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, serangga, obat deman maupun sebagai obat kanker di China. Selain itu di berbagai negarapun sering menggunakan tanaman ini sebagi obat obatan tradisioal, sebut saja Yunani, Filipina, Tanzania, Meksiko, dan juga negara-negara Amerika maupun Eropa.

Kemangi Untuk Kesehatan Jantung
betakaroten dan magnesium yang banyak terkandung dalam tanaman kemangi, merupakan mineral yang penting untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Untuk itu, menggunakan kemangi untuk di konsumsi secara rutin dapat memperkuat kesehatan jantung Kita, selain berolahraga rutin dan menjaga pola makan yang sehat tentunya.

Kemangi Untuk Meningkatkan Selera Makan
Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan. Di berbagai sajian makanan kita disuguhkan daun kemangi sebagai bahannya misalnya sebagai campuran pepes, karedok atau terancam. Selain terlihat segar rasanyapun menjadi sedap, dan ternyata aroma dari daun tanaman kemangi dapat meningkatkan dari selera makan dan membuat yang memakannya menjadi lahap.

Kemangi untuk Mencegah Bau Mulut dan Bau Badan
Tanaman Kemangi juga dapat dimanfaatkan sebagai pencegah bau mulut ataupun bau badan. Jika kamu tidak tahan dengan bau dari daun kemangi apabila langsung dimakan, kamu dapat mencampurkan dengan kunyit dan daun beluntas untuk di olah menjadi minuman. Cara minumnya adalah di munum secara rutin setiap hari.

Kemangi untuk Mengatasi Flu, Sakit Kepala, Cacingan, & Sembelit
Center for New Crops and Plant Products, Purdue University yang berlokasi di Amerika Serikat telah melakukan penelitian yang mendalam terhadap Kemangi, dan hasil dari peneleitian tersebut menunjukan bahwa kadnungan dari daun kemangi dapat berkhasiat untuk mengatasi keluhan penyakit flu, diare, sakit kepala, cacingan, sembelit, sampai penyakit ginjal.

Kemangi untuk Mengatasi Perut Kembung, Maag, & Masuk Angin
Center for New Crops and Plant Products, Purdue University juga telah melakukan penelitian dan menemukan bahwa kadnungan dari daun kemangi bermanaat sebagai obat penderita perut kembung, maag, badan sering lesu, masuk angin, sampai mengatasi kejang.

Kemangi Sebagai Minyak Pijat untuk Meringankan Rasa Sakit
Tanaman kemangi juga dapat disuling daunnya untuk diambil kandungan minyak atsirinya. Aroma dari daun kemangi setelah dioleskan ke bagian tubuh akan berangsur – angsur menghilang dalam jangka waktu 24 jam. Minyak atsiri biasa digunakan untuk membuat tubuh kita lebih segar dan juga meringankan rasa sakit yang mendera, jadi sangatlah baik jika dipakai sebagai minyak pijat beraroma. Namun, minyak atsiri tidakdianjurkan digunakan oleh ibu hamil dikarenakan minyak atsiri ini dapat mengakibatkan resiko keguguran pada ibu hamil.

emikianlah sebagian kecil dari manfaat daun kemangi bagi kesehatan Kita. Daun kemangi sebenarnya masih memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan kita seperti untuk mengatasi masalah pencernaan, infeksi usus, muntah, sakit kepala, demam, hingga radang lambung dan masih banyak lagi.

Jadi Bagaimana? Apakah kamu tertarik mebudidayakan Tanaman kemangi ini? Bagi kamu yang tertarik membudidayakan tanman kemangi dengan sistem hidroponik silahkan baca artikel dibawah ini :

Budidaya Tanaman Kemangi Rumahan

Selamat bercocok tanam. semoga artikel ini bermanfaat, dan jika kamu merasa ada saudara yang membutuhkan bisa share artikel ini ke mereka. semakin banyak orang yang mengetahui manfaat kemangi ini semoga menjadi kesehatan kita semakin terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *