Menanam Cabai dengan Hidroponik

Siapa yang tidak suka cabai? hampir sebagian besar orang Indonesia pasti menyukai cabai. Tidak sedap rasanya makan tanpa cabai kata orang Indonesia. Bagaimana dengan kamu ?hehe.. Nah kali ini kita akan membahas sistem menanam cabai hidroponik, jadi kita bisa menanamnya di rumah. dan kalau sudah panen kita tidak perlu beli lagi tinggal petik, apalagi ketika harga cabai naik… aman dah┬á ­čÖé .

Nah untuk menanam cabai dengan sistem hidroponik berikut sistem yang bisa kita gunakan :

  1. Guyurponik
    Dengan sistem guyur ponik dalam menanam cabai kita bisa menggunakan media tanam seperti sekam bakar, cocopeat , hidroton atau media lain. Dimana metode penyiramannya dilakukan secara manual atau diguyur.
    Untuk pot sendiri kita bisa menggunakan polibag ukuran 30-35 , atau menggunakan ember cat 25 lt , atau bisa juga menggunakan jerigen bekas yang besar atau tempat apa aja yang penting bisa menopang tanaman cabai nantinya.
  2. Irigasi Tetes
    Sistem Irigasi Tetes dibantu menggunakan pompa air / Water Pump. Prinsip kerjanya adalah pot akan dialiri/ ditetesi nutrisi hidroponik menggunakan daya dorong pompa. Nutrisi dialirkan melalui selang dan setiap pot ada drip stick untuk meneteskan larutan nutrisi ke tanaman. Alat yang perlu disiapkan adalah pralon 1/2 inchi, selang 5 mm, niple ulirm dripstick, pompa, bak nutrisi, serta polibag.
  3. Dutch Bucket
    Sistem Dutch Bucket ini menggunakan prinsip kerja seperti sistem nft namun menggunakan ember. Nutrisi Hidroponik dipompa dan dialirkan ke media tanam yang berada di dalam ember, kemudian larutan Nutrisi dialirkan  kembali ke bak penampung nutrisi. Jadi air nutrisi tersikulasi secara terus menerus.
  4. Sistem Genang
    Sistem genang atau metode kratky jadi tidak memerlukan pompa, namun sebaiknya anda menambahkan aerator. Ini hampir mirip seperti sistem rakit apung. Pot nantinya digenangkan ke larutan nutrisi. kelemahan dari sistem ini adalah akarnya yang mudah membusuk jika menggunakan metode ini.

Nah itulah 4 sistem yang bisa anda coba terapkan untuk menanam cabai secara hidroponik, Bagaimana kamu tertarik menanam Cabai dengan sistem hidroponik yang mana ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *