Peluang Bisnis Sayuran Hidroponik

Peluang bisnis sayuran hidroponik sangat menjanjikan, saat ini pun kita bisa melihat sayuran hidroponik yang terpajang di gerai- gerai grosir besar. Nah ketika kita mau menjalankan usaha atau bisnis sayuran hidroponik ini pasti sebelum memulai, kita sudah mikir duluan kira kira produk mau dijual kemana, terus bagaimana cara membuat produk yang berkualitas, terus jika ada lonjakan order kira kira cara mencukupi kebutuhannya sayuran hidroponik seperti apa? dan masih banyak pertanyaan lain yang pasti kita akan tanyakan pada diri kita sendiri. Kita punya ide untuk berjualan sayuran hidroponik premium? sebelum kita mulai tentu saja pertanyaan diawal tadi kita sudah harus bisa jawab.

Ada banyak cara untuk memulai bisnis sayuran hidroponik ini, kita bisa memulai dengan menjualkan sayuran hidroponik dari kebun punya saudara atau teman, ini tentu saja cara yang paling aman dan mudah dengan modal paling sedikit. Karena kita tidak membutuhkan modal investasi besar untuk membuat kebun, kita hanya membutuhkan modal untuk stok sayuran jika anda menjual dengan sistem konsinyasi atau jatuh tempo. Atau dengan modal sample saja kita bisa menjalankan bisnis ini.

Lain halnya  jika kita sudah mantap dengan daya serap pasar kita, maka kita bisa mulai berhitung untuk membuat kebun hidroponik sendiri. Kita bisa mulai hitung berapa kebutuhan per hari sayuran kita, membutuhkan berapa jenis sayuran hidroponik dan berapa kg. Misal kita memasok 4 jenis sayuran yang masing masing jenis sayuran 10 kg maka kita akan membutuhkan kapasitas lubang tanam setara dengan 40 kg sayuran atau berkisar 400-500 lubang tanam setiap hari. Jika kita panen setiap hari selama 30 hari maka anda membutuhkan setidaknya 12.000 – 15.000 lubang tanam pada kebun yang akan kita buat. Namun untuk membuat kebun hidroponik sendiri memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika per m2 modal untuk membuat greenhouse dan peralatannya adalah 500 rb jika menggunakan besi dan 150 rb jika menggunakan bambu maka kita bisa menghitung sendiri berapa nilai investasi yang perlu disiapkan.

Jika pengen modal lebih sedikit dengan jaminan pasokan sayuran maka kita bisa menggunakan cara berikut, kita bisa membuat sebuah komunitas atau koperasi petani sayuran hidroponik. tentu saja para petani yang tergabung semua terkoordinasi oleh koperasi mengenai komoditas yang di tanam. Para anggota akan dapat jaminan sayuran mereka terbeli oleh koperasi dengan harga yaang telah di sepakati. Koperasi juga tentu saja akan dapat pasokan rutin sayuran hidroponik sesuai kebutuhan. win win solution, nah pr nya adalah menjaga kualitas sayuran agar sesuai dengan permintaan konsumen. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah koperasi memiliki bagian quality control tanaman, yang khusus memastikan petani yang tergabung dalam koperasi, panen dengan hasil yang sesuai standar kualitas yang diminta oleh konsumen.

selamat mencoba dan semoga sukses. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *